[Song Recommendation] BTS – Could You Turn Off Your Phone?

186

Di era digital seperti sekarang ini, orang-orang terutama generasi millennial rasanya sulit untuk lepas dari smartphone. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, semua kebutuhan kita dapat dipenuhi hanya dengan satu klik. Meskipun segalanya jadi tambah mudah dan praktis, tapi tidak bisa disangkal bahwa keberadaan smartphone justru merenggangkan interaksi sosial secara langsung. Komunikasi lebih cepat dan mudah dilakukan dengan aplikasi chatting, daripada harus bertatap muka dengan teman atau kerabat. Tak jarang meskipun seseorang sedang bertemu dengan teman atau kerabatnya, orang itu justru lebih asyik bermain dengan smartphonenya.

Fenomena inilah yang diangkat BTS dalam lagu ‘Could You Turn Off Your Cell Phone’. Meskipun lagu ini telah rilis di tahun 2014 lalu, tapi rasanya lagu ini masih sangat relatable untuk keadaan saat ini.

Lirik dalam lagu ini menceritakan tentang anak muda yang sedang bertemu dan makan bersama teman yang telah lama tak dijumpainya, tapi temannya itu justru asyik bermain smartphone daripada mengobrol dengan teman yang ada di hadapannya. Dalam lagu ini juga, BTS menggambarkan keresahan anak muda yang menjadi korban phubbing. Phubbing sendiri merupakan keadaan di mana seseorang merasa bosan saat berbincang tatap mata dan beralih berbincang dengan orang lain via smartphone.

Keresahan itu mereka tuliskan dalam penggalan lirik berikut:

“Bisakah kamu mematikan ponselmu? Atau menaruhnya di dalam kantong? Semua orang mengatakan (ponsel) itu pintar dan waktu telah menjadi lebih baik tapi kita jadi lebih terburu-buru. Kadang, aku merindukan waktu di mana orang berbincang tatap muka. Komunikasi meningkat tapi di antara kita hanyalah ada kesunyian yang ramai.”

Kalau kamu sering menjadi korban phubbing atau justru sering mengabaikan temanmu demi berselancar di dunia maya, semoga lagu ini bisa menjadi motivasi untuk lebih menghargai siapapun yang menjadi lawan bicaramu. Jangan sampai kecanggihan teknologi merenggangkan hubungan sosialmu dengan orang sekitar, ya.

Dengarkan lagunya di sini:

 

Written by Coppamagz

>kkumi

 

You might also like
Comments