General

Reportase Ekslusif Dispatch Mengenai Koneksi YG Entertainment Dan Skandal Presiden Korea

yg-korea-president

Dispatch melaporkan bukti lebih lanjut mengenai kemungkinan koneksi antara skandal presiden dan YG Entertainment, melalui berita ekslusif yang di posting oleh Dispatch tanggal 4 November, dijelaskan beberapa keuntungan illegal untuk YG Entertainment dan kekuatan special yang diberikan berkaitan dengan politik.

Menurut laporan, CEO YG Entertainment yakni Yang Min Suk, adalah bagian aktif dari Project Culture milik Presiden Park. Pada Juli 2013, dia juga member aktif dari ‘Culture Prosperity Committee.’ dan di bulan Juni tahunyang sama, Yang Min Suk merupakan bagian dari 71 delegasi yang berkunjung ke China bersama presiden Park untuk mendiskusikan hubungan ekonomi China dan Korea. Yang Min Suk sendiri merupakan satu – satunya orang dari industri entertainment yang ada dalam delegasi berkaitan dengan ekonomi.

Pada bulan maret 2014, YG Entertainment merilis ‘MUJU YG’, organisasi non-profit untuk membantu para anak muda yang membutuhkan. Siapa yang menandatangani coorperation agreement pada tahun 2015? Menteri budaya, olahraga, dan pariwisata bersama Universitas Ewha.

Pada januari 2016, YG Entertainment bekerja sama dengan Menteri budaya, olahraga, dan pariwisata, Hallyu Planning Group, MBC Nanum untuk mengadakan ‘Global Y Generation Movement’ project di Indonesia, sebuah acara volunteer untuk anak muda lokal.

YG juga bekerja dengan KT untuk membangun ‘Next Interactive K’ mereka membangung ‘Play Kpop’ di Pulau Jeju. Dan lagi – lagi, Menteri budaya, olahraga, dan pariwisata bekerja untuk project tersebut bersama dengan Menteri Sains, ICT dan Perencanaan masa depan.

YG boygrupm BIGBANG telah terpilih menjadi ambassador terhormat ‘Creative Korea’ sebuah kampanye terbaru untuk Korea Selatan. Grup tersebut aktif sebagai ‘Creative Icon’ dari tahun 2016 Rio Summer Olympics hingga 2018 Pyeongchang Winter Olympics.

Sepertinya, YG Entertainment bekerja lebih keras dibandingkan perusahaan entertainment lainnya. Terlebih, YG juga agresif dalam culture fusion dan culture prosperity project. Tentu saja, YG adalah bisnis yang bekerja dengan konten budaya namun ini adalah bisnis Hallyu yang top.
yg-korea-president-1

Untuk itu, beralasan untuk berpikir kenapa YG hanya menerapkan project ini di fashion yang normal dan memenangkan Menteri budaya, olahraga, dan pariwisata. Bagaimanapun ke anehan terasa ketika Blue House mengumumkan mengenai ‘Uijeongbu Comprehensive Culture Complex Development’.

YG Entertainment membuat persetujuan bisnis dengan kota Uijeongbu pada Januari 2015 dengan tujuan mengembangkan ‘Kpop Cluster’ complex. YG menginvestari kurang lebih 92 juta dollar terhadap complex tersebut.

Melalui telfon bersama Dispatch tanggal 4 November kemarin, Perwakilan resmi dari Uijeongbu mengatakan, “Terkait Kpop Cluster, kita memiiliki koneksi personal dengan YG, jadi kita menginginkan mereka untuk bergabung dalam bisnis ini. Dan juga ada kontrak dengan agensi lain.”
yg-korea-president-3yg-korea-president-2

Namun menurut hokum Korea, ketika pemerintah ingin menyewa kontraktor, mereka harus melalui public bidding. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecurangan.

Alasan project Presiden Park sangat kontroversial adalah karena project ini sangat tidak transparan. Banyak yang mencurigai ada banyak kontrak privat karena pengaruh Choi Soon Sil dan Cha Eun Tak.

Kemudian perwakilan Uijeongbu kembali mengatakan kepada Dispatch, “Ketika culture complex ini dibuat, menurut kontrak akan banyak yang dijual kepada YG,”

Banyak yang bertanya mengapa YG bisa membuat kontrak dengan project ini, banyak yang mengungkapkan YG memakai orang dalam untuk memilik kontraktor dan partnership, untuk contoh, SM Entertainment melakukan public bidding untuk memenangkan Coex Artium untuk membangun SM Town Theme Park pada tahun 2012 silam.

Pada tanggal 3 November, anggota Kongres Ahn Min Suk mengatakan, “Choi Soon Sil dan Jang Shi Ho telah disusupi kedalam industri entertainment dan dipengaruhi oleh suatu agensi,” dimana banyak yang beranggapan bahwa agensi tersebut adalah YG Entertainment.

Dispatch juga dikabarkan mencurigai ada ‘ikatan’ antara YG dan Choi Soon Sil adalah Cha Eun Tak. Cha dan YG telah bekerja bersama dalam waktu yang lama, dia juga merupakan creator dari MV ‘Lies’ dari BIGBANG dan ‘Hangover’ dari PSY.

Tentu saja ini semua bisa jadi sebuah ketidaksengajaan, kita tidak bias membicarakan ini hanya karena beberapa koneksi yang bisa jadi tidak ada. Bagaimanpun, YG telah menginvestasi banyak project dari Menteri budaya, olahraga, dan parisiwari yang akan memberikan untung yang besar untuk YG jika Uijeonbu Culture Complex telah selesai.

Bagaimana menurut kalian?

—-

Sc allkpop

Trans by Coppamagz

>YAYL

Tagged