Feature: Sulitnya Perjalanan Karir Tiffany Akibat Kontroversi Bendera Jepang

102

Seperti yang kita ketahui, beberapa waktu lalu Tiffany sempat menjadi bahan gunjingan karena melakukan sebuah kesalahan.

Tiffany mengupload foto saat berada di Jepang dalam rangka konser SMTown di Jepang. Ia mengupload foto tersebut di Instagram dan juga Snapchat. Yang menjadi masalah adalah karena foto tersebut disertakan lambang bendera Jepang yaitu matahari terbit.

Setelah itu, karir Tiffany memburuk hingga dikeluarkan dari suatu acara, diharapkan untuk mati oleh netizen, dan lainnya.

Berikut rentetan sulitnya karir Tiffany kala itu.

1. Insiden Bendera.
Pada tanggal 14 Agustus lalu yang merupakan satu hari sebelum hari kebangsaan/ kemerdekaan Korea Selatan, Tiffany mengupload sebuah foto di Instagram dengan caption “Babes 🇯🇵❤️”. Keadaan semakin memburuk setelah Ia menggunakan stiker matahari terbit. Tiffany pun langsung menghapus caption Instagran dan menghapus postingan Snapchat-nya itu.

2. Banjir Hujatan Netizen.
Setelah dua kejadian tersebut, nama Tiffany bagaikan telur di ujung tanduk. Ia terus dihujat, digunjingkan, bahkan diminta untuk mati oleh para netizen.

3. Surat Permintaan Maaf (Pertama).
Pada tanggal 15 Agustus, Ia memposting surat permintaan maafnya melalui Instagram. Namun komentar kejam dan jahat masih saja terlihat di kolom komentar postingan Tiffany.

4. Hujatan Tanda Hati.
Walaupun sudah melayangkan surat permintaan maaf, netizen masih tetap mencari-cari kesalahan Tiffany. Ditemukan bahwa Tiffany banyak menggunakan lambang hati pada surat permintaan maafnya yang seharusnya bersifat serius karena dianggap telah menginjak-injak nama Korea Selatan. Karena hal itu, Tiffany dianggap memain-mainkan dan tidak serius dengan surat permintaan maafnya.

5. Surat Permintaan Maaf (Kedua).
Masih belum puas dengan surat permintaan maafnya yang pertama, Tiffany akhirnya mengupload surat permintaan maaf yang kedua. Di situ, Ia mengatakan akan belajar lebih banyak lagi tentang sejarah Korea Selatan dan akan lebih menghargainya. Berbeda dengan yang pertama, surat yang kedua jauh lebih panjang, bahkan menghabiskan kertas satu halaman penuh.

6. Keluar Dari ‘Sister’s Slamdunk’.
Baru selang empat hari dari insiden bendera, KBS mengumumkan keputusan kedua belah pihak bahwa Tiffany sudah meninggalkan program tersebut untuk episode yang berikutnya dan akan melanjutkan dengan 5 orang. Dan untuk episode yang sudah direkam namun belum tayang, KBS memilih untuk mengedit dan menghilangkan Tiffany dari episode-episode tersebut.

7. Vakum Dari Media Sosial.
Selama berbulan-bulan, Tiffany yang dikenal sebagai member yang paling aktif di media sosialnya, tidak mengupload apapun di Instagram. Sekalinya Ia memposting, itu hanyalah Instagam Story yang berisi ucapan selamat ulang tahun untuk Hyoyeon. Ia bahkan menutup akun Snapchat-nya

8. Tampil Pertama Setelah Insiden.
Pada 1 Oktober, Tiffany memenuhi kewajibannya sebagai anggota Girls’ Generation, Ia kembali tampil di hadapan para fans melalui acara ‘Busan One Asia Festival’. Di sana, para gadis cantik itu menampilkan lagu ‘Gee’ dan ‘Lion Heart’.

9. Kembali Banjir Hujatan.
Akibat kemunculan ini, Tiffany kembali dibanjiri oleh hujatan netizen. Mereka berkata “Untuk apa dia ikut tampil? Aku sudah muak melihat wajahnya”, bahkan hingga komentar ancaman seperti “Setiap kali melihat wajahnya, rasanya aku ingin membunuhnya”.

10. Postingan Pertama Setelah Insiden.
Setelah sekian lama, pada tanggal 19 Oktober Tiffany kembali mengupload sebuah foto di Instagram-nya. Ia mengupload foto dirinya saat si belakang panggung acara ‘Busan One Asia Festival’ kala itu. Takut salah, Tiffany tidak memakai caption apapun di postingan tersebut.

11. Lagu Pertama Setelah Insiden.
Pada 8 Desember, Far East Movement merilis lagu ‘Don’t Speak’ yang dinyanyikan oleh Tiffany. Mulai saat itu, banyak netizen yang mulai memaafkan Tiffany dan cukup salut. “Kau pergi dengan kesan yang buruk, namun kau kembali dengan karya yang sangat bagus. Aku rasa ini sudah saatnya untuk netizen memaafkan-mu.

Walaupun begitu, hingga sekarang para fans masih suka menemukan komentar buruk para netizen, ada yan menyebutnya sebagai ular, ada yang meminta Tiffany untuk dideportasi, dan lainnya.

Kini, kebencian Netizen terhadap Tiffany semakin berkurang. Ia pun dapat beraktifitas dengan para member dengan tampil di berbagai acara.

bagaimana menurut kalian?

———-
Written by GG INA – line://ti/p/@uke3074y
Coppamagz
>DEFS

#CM_GirlsGeneration #CM_GGINA

You might also like
Comments