army-korea-4
Hot News K-Pop

Fandom ARMY di Korea Kembali Menuai Kritikan

army-koreaarmy-korea-1

Penggemar BTS atau yang dikenal sebagai ARMY, kembali menjadi perhatian netizen.

Beberapa waktu lalu, salah satu fansite mereka ‘Free Room’ terdapat oknum di dalam websitenya menyinggung mengenai grup lain, dimulai dari mendiskriminasi member China dengan segala aktivitasnya.

Selain itu mereka juga menyinggung idol-idol lain yang berada di agensi kecil tetapi tidak sesukses BTS. Postingan dalam web tersebut menjadi perhatian dan kritikan dari netizen seperti:

1. [457, -49] Ah, aku benar-benar tidak ingin berhubungan dengan mereka. Ini membuatku kesal, cukup tahu bahwa mereka menghina bias mereka secara tidak langsung. Aku tidak bisa membayangkan bagaimana kemarahan penggemar grup itu ㅋㅋㅋ penggemar BTS, kalian luar biasa <3

2. [421, -42] Ini tidak akan cukup bahkan jika mereka menutup mulut, tetapi mereka berbohong ㅋ ㅋㅋㅋ Seberapa jauh mereka akan bertindak? Aku takut.

3. [393, -37] Aku tahu mereka kasar tapi aku benar-benar membenci mereka. Mengapa mereka tidak menyadari bahwa itu akan kembali kepada mereka? BTS juga dari perusahaan kecil.

4. [133, -11] Setahuku untuk masuk dalam member dan dapat memposting di fansite tersebut mereka yang memposting berada di level A. (Untuk menjadi fan A-level, kau harus membuktikan bahwa telah streaming ‘Fire’ 10.000 kali dan membeli album BTS)

5. [129, -105] Kalian sudah sukses walaupun dari perusahaan kecil tetapi ingat karena kalian mengcopy EXO dan SHINee ㅋ ㅋㅋㅋ aku sangat marah. Jujur, memang konsep tidak ada yang memiliki hak paten ㅋㅋ, sebenarnya aku tidak ingin mengatakan ini, jangan lupa dengan konsep seragam, hahaaha mereka begitu menyedihkan.

Setelah mendapat banyak kritikan Fansite ‘Free Room’ mengklarifikasi dan meminta maaf atas perilaku oknum membernya tersebut:
army-korea-2
“Sebelum memulai klarifikasi kami, kami ingin meminta maaf kepada para idol dan fandom yang disebutkan dalam tulisan mereka dan armys yang menjadi sasaran bahkan tanpa mengetahui alasannya.

Pada 23 Oktober sekitar 11 malam, screenshot dari beberapa posting dan komentar yang diposting dalam “Free Board” (selanjutnya disebut “Free Room”) dari BTSdotcom diposting di berbagai situs komunitas.

Screenshot yang relevan menunjukkan mengkritik pernyataan diarahkan untuk artis lain dan bukan BTS, meskipun mereka tidak menyebutkan nama-nama artisnya secara langsung. Setelah meninjau, kami mengkonfirmasi bahwa tulisan ini sebenarnya diposting di Free Room. Kami meminta maaf secara tulus kepada banyak orang yang kecewa dengan screenshot ini yang membuat kalian kecewa, maaf kami tidak mengambil tindakan dengan cepat.

Admin telah melarang anggota untuk menyebutkan artis dan fandom lainnya terlepas dengan nama mereka atau tidak langsung dengan memberikan petunjuk jika mereka tidak terlibat langsung dengan BTS itulah Peraturan Dasar kami.

Selanjutnya, bahkan jika mereka terlibat langsung dengan BTS, kami benar-benar mengelola board dengan baik. Namun, karena mengelola situs, group order, Streaming mass, kita bisa tidak mengambil tindakan segera dan karena alasan ini kami tidak bisa menjadi sulit untuk memantau pada setiap pos dan setiap komentar. Kami merasa sangat bertanggung jawab. Kami mohon maaf dari lubuk hati terdalam.

Selain itu, di awal membuka situs, proses verifikasi itu tidak sulit dan kami mampu untuk mengelola dengan prosedur saat setelah melakukan banyak perubahan. Untuk alasan ini, tidak semua anggota akan cepat melalui proses verifikasi saat ini. Hal ini menciptakan perbedaan antara anggota tapi kami berhasil menangani situs tanpa menyadari ini. Kami minta maaf dan kami akan datang dengan solusi untuk masalah ini juga.

Terakhir, sebagai sebuah site, kami telah mengambil tindakan berikut untuk memenuhi tanggung jawab kami.
army-korea-3

1) Kami akan menutup sementara Board (Free Room) yang menyebabkan masalah ini.
2) Kami akan menyingkirkan para anggota yang menulis posting ini dengan berbagai cara.
3) Kami sedang menyelidiki untuk menemukan anggota yang bertanggung jawab dengan tulisan ini dengan mengomentari mereka dan kami akan menyingkirkan mereka dari site kami.”

Namun, setelah melakukan permintaan maaf masih banyak member yang menuliskan hal yang sama seperti; “Sangat mengagumkan bahwa BTS adalah artis pertama yang sukses dari perusahaan yang kecil”. Lalu staff mengatakan akan menghapus beberapa komentar tersebut. Mengenai permintaan maaf tersebut netizen berkomentar:

army-korea-4army-korea-5

1. [239, -5] Itu bahkan bukan manipulasi untuk meraih peringkat pertama, tetapi mereka mengatakan itu. Kami menuntut bukti dan mereka bisa katakan adalah salah satu kata keluar konteks. Mereka bahkan tidak tahu apa yang mereka bicarakan dan menulis permintaan maaf itu. Tentu saja mereka akan berpikir kita memanipulasi itu ㅋ ㅋㅋㅋ Mereka akan selalu berusaha keras untuk mengaku sebagai korban sampai akhir, sadarlah armys.

2. [214, -16] Kami ingin permintaan maaf yang tulus, bukan umpan balik yang menyalahkan penggemar kasar ㅋㅋ

3. [208, -8] Ini bukan permintaan maaf, itu banyak alasan ㅋㅋ

4. [62, -3] Aku menyadari ketika aku membaca ini
“Fans EXO hanya melihat mereka dengan membeli Album serta tetap melakuan streaming sementara mereka fansite yang menghina fandom EXO, Siapa yang lebih pecundang disini?”

5. [49, -3] Cara mereka menghindari tanggung jawab luar biasa

6. [+45, -1] Postingan terbaru untuk menyinggung EXO ㅋㅋ

(Armys mengklaim mereka adalah fandom yang pertama yang membuat trend dengan penjualan minggu pertama)

army-korea-6army-korea-7
Masalah lain terjadi, perilaku beberapa armys saat menonton Busan One Asia dianggap oleh netizen tidak menghargai INFINITE dan SHINee sebagai idol senior dari BTS. Mereka langsung membubarkan diri setelah BTS tampil, membuat venue terlihat kacau karena senior tampil sementara army sibuk pergi mencari dimana BTS.
Berikut komentar dari netizen:

1. [194, -25] Armys selalu mengaku sebagai korban menyedihkan di online tapi ini adalah realita offline mereka ㅋ ㅋㅋㅋ Fakta bahwa mereka menyeret artis lain di fansite mereka juga adalah nyata!. Terlalu menakjubkan ~

2. [194, -10] Ini sikap yang benar-benar menyebalkan seperti tidak punya manner. Mereka tidak bisa meninggalkan acara walaupun stage BTS telah selesai. Aku akan memaafkan mereka karena besok adalah Senin, mereka harus sekolah. Tetapi di section itu sangat berantakan, mereka tidak punya manner ㅋㅋ

3. [178, -10] Kebanyakan army telah meninggalkan sebelum stage SHINee ㅋ ㅋㅋㅋ

Bagaimana menurut kalian?

———-
Source. Kpopkfans
Rewrite by coppamagz
>happyeols