FEATURE : Deretan Lagu BTS Ini Miliki Sejuta Makna, Menyentuh Ranah Politik Hingga Kehidupan Sosial!

247

Ketika banyak artis K-Pop yang menyanyikan lagu tentang romansa, persahabatan dan pesta, BTS tak pernah ragu dan takut untuk menyampaikan isu politik dan sosial yang berkaitan dengan Korea Selatan.

Bahkan lagu debut BTS yaitu ‘No More Dream’ tanpa ragu menyampaikan isu kehidupan sosial di Korea Selatan. Dalam lagu ini, BTS menyampaikan kepada fans untuk mengikuti mimpinya dari pada mengikuti apa yang diharapkan orang sekitarnya.

Selain itu isu politik pun dimasukkan dalam rap J-Hope : “rebel againts society“, “hell joseon” , yang dimaksudkan pada sistem edukasi yang terlalu ekstrem dan diagungkan lebih dari talenta dan kelebihan yang dimiliki seseorang.

Cukup mirip, lagu ‘N.O’ juga berfokus pada sistem pendidikan dimana sekolah hanya sebagai studying machine bagi para pelajar. Lagu ini mengisyaratkan akan perubahan yang perlu dilakukan.

Mungkin lagu ‘Dope’ terlihat seperti lagu party, padahal lagu ini memiliki banyak pesan politik. Dalam part rap RM “sampo, ohpo, yokpo” yang berarti generasi ketiga kelima dan keenam adalah generasi yang mudah menyerah dalam segala aspek; yaitu romansa, pernikahan, pekerjaan dan bahkan kehidupan.

Lagu ‘Baepsae (밥새)’ juga mengaitkan dengan gap atau kesenjangan sosial. Menggunakan metafora silver spoon, BTS menyampaikan sindiran akan statement bahwa seseorang akan dinilai berdasarkan kelas sosial dan hartanya.

‘Am I Wrong’ adalah lagu BTS yang berfokus pada berita hangat saat itu, ketika Menteri Pendidikan Korea Selatan mengatakan bahwa “average people seperti babi dan anjing”. Suga secara terang-terangan menyindirnya dalam part rapnya.

Ketika lagu ‘Cypher Pt.4’ memberi pesan untuk mencintai diri sendiri, lagu ‘Fire’ memberi pesan untuk hidup seperti yang kamu inginkan. Selain itu ’21st Century Girls’ juga merupakan lagu yang memberi dukungan pada wanita untuk selalu percaya diri dan kuat. Selaras dengan lagu ‘Not Today’ yang menyuruhmu untuk tak pernah menyerah.

Mungkin lirik dalam lagu yang BTS nyanyikan hanya bermaksud menyindir keadaan politik dan sosial di Korea Selatan, namun lirik tersebut juga sangat relevan dengan keadaan secara global.

Bisa jadi hal inilah yang menjadi alasan mengapa BTS dikatakam sebagai powerhouse global dan worldwide kpop group.

Cr koreaboo, various source
Trans & Rewrite : jinsbang Global Armys
( http://line.me/ti/p/@quo8100e )
CoppaMagz
>JS

You might also like
Comments