Produser MBK dan CEO PocketDol Didenda 10 Juta Won Akibat Manipulasi Voting ‘Produce 101 Season 1’

0

Kontroversi manipulasi suara seri ‘Produce’ milik Mnet masih berlanjut. Kali ini, pengadilan menetapkan denda 10 juta won (sekitar 128 juta rupiah) masing-masing terhadap Produser MBK Entertainment Kim Kwang Soo dan CEO PocketDol Park Mo.

Menurut pengadilan, keduanya bekerjasama memanipulasi suara pada Maret hingga April 2016 lalu. Mereka menugaskan staff dan trainee di bawah naungan agensi untuk membuat ribuan akun. Akun tersebut nantinya digunakan untuk memberi suara kepada 3 trainee spesifik. Perbuatan ini pun dilaporkan atas tuduhan ‘Mengganggu bisnis CJ ENM.’

Tahun 2016 lalu, CEO Park menyarankan kepada Produser Kim untuk meningkatkan jumlah suara dengan ID nama palsu agar tiga trainee dari MBK tidak tersingkir dari babak ketiga dan keempat. CEO Kim pun setuju. Kim Kwang Soo kemudian menginstruksikan para staf untuk secara intensif melakukan voting pada dua trainee dalam prosesnya. Hasil penyelidikan mengungkapkan, dari total 89.228 suara online, pemalsuan suara dilakukan melalui total 9.945 ID dari 10.000.

Pengadilan pun menyatakan bahwa tindakan yang dilakukan keduanya hanya berhasil meningkatkan jumlah suara. Namun tidak dapat mengubah tatanan ranking trainee dengan cara menyuap seperti yang dituduhkan publik.

Source : StarNews